ANALISIS FAKTOR PENYEBAB GAGAL ANTAR KIRIMAN POS DI PT PIS INDONESIA KCU BANDUNG 40000 (TA.2.25.006)

MAHARANI, Aulia (2025) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB GAGAL ANTAR KIRIMAN POS DI PT PIS INDONESIA KCU BANDUNG 40000 (TA.2.25.006). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1sTPuFr3FmjCRvJkX...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi model Support Vector Machine (SVM) dalam mengklasifikasikan sentimen ulasan pengguna pada platform e-commerce Tokopedia. Data ulasan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari teks komentar yang diberi label berdasarkan sentimen positif, negatif, dan netral. Dalam penelitian ini, tahapan yang dilakukan mencakup pengumpulan data, preprocessing teks, tokenisasi, normalisasi slang, dan stemming. Data yang telah diproses kemudian digunakan untuk melatih model SVM dengan kernel linier. Setelah pelatihan, model dievaluasi menggunakan metrik akurasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model SVM dapat mengklasifikasikan sentimen dengan akurasi 80.41%. Meskipun akurasi yang diperoleh cukup baik, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti kesalahan klasifikasi pada sentimen netral dan negatif, serta potensi sarkasme dan kesalahan ketik dalam teks. Temuan ini memberikan wawasan yang berguna bagi Tokopedia dan platform e-commerce lainnya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan strategi pemasaran mereka. Kata Kunci: Analisis Sentimen, Support Vector Machine, Tokopedia, Preprocessing Teks, Klasifikasi Sentimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Sekolah Vokasi > Teknik Informatika D4
Depositing User: PKL TUJUH TUJUH
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:21
Last Modified: 26 Sep 2025 03:21
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3468

Actions (login required)

View Item View Item