MULTI-PAYMENT ADOPTION ANALYSIS IN EDUCATIONAL CROWDFUNDING: TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL VALIDATION AND MACHINE LEARNING PREDICTION IN STUDENT–CLIENT PARTNERSHIP

Azhar, Gilar Wahibul (2025) MULTI-PAYMENT ADOPTION ANALYSIS IN EDUCATIONAL CROWDFUNDING: TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL VALIDATION AND MACHINE LEARNING PREDICTION IN STUDENT–CLIENT PARTNERSHIP. Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1RScA3-bw9ZDPGKto...

Abstract

Adopsi metode pembayaran digital dalam crowdfunding pendidikan menjadi faktor krusial keberhasilan transaksi dan keberlanjutan program student-client partnership. Penelitian ini memvalidasi konstruk Technology Acceptance Model (TAM) dan mengembangkan model machine learning untuk memprediksi adopsi multi-payment dalam educational crowdfunding. Dataset mencakup 816 transaksi dari 109 mahasiswa dengan tiga metode pembayaran: QRIS, Microbitcoin, dan Ravencoin. Metodologi meliputi TAM construct operationalization, feature engineering, dan implementasi empat algoritma machine learning dengan systematic ablation studies. Evaluasi menggunakan 5-fold cross-validation. Hasil menunjukkan Random Forest dan XGBoost mencapai akurasi tertinggi 98.1%, konstruk Perceived Ease of Use dan Social Influence signifikan (r = 0.51, p < 0.001), QRIS superior dengan success rate 76.8%, dan totalCount menjadi predictor paling kritis dengan dampak -10.3%. Integrasi TAM validation dengan machine learning terbukti efektif untuk memodelkan adopsi multi-payment dan berpotensi sebagai alat pengambilan keputusan optimasi platform pendidikan. Kata kunci: technology acceptance model, multi-payment adoption, educational crowdfunding, machine learning, cryptocurrency payments, blockchain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Sekolah Vokasi > Teknik Informatika D4
Depositing User: PKL TUJUH TUJUH
Date Deposited: 29 Sep 2025 04:25
Last Modified: 29 Sep 2025 04:25
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3640

Actions (login required)

View Item View Item