Azhar, Gilar Wahibul (2025) MULTI-PAYMENT ADOPTION ANALYSIS IN EDUCATIONAL CROWDFUNDING: TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL VALIDATION AND MACHINE LEARNING PREDICTION IN STUDENT–CLIENT PARTNERSHIP. Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.
Full text not available from this repository.Abstract
Adopsi metode pembayaran digital dalam crowdfunding pendidikan menjadi faktor krusial keberhasilan transaksi dan keberlanjutan program student-client partnership. Penelitian ini memvalidasi konstruk Technology Acceptance Model (TAM) dan mengembangkan model machine learning untuk memprediksi adopsi multi-payment dalam educational crowdfunding. Dataset mencakup 816 transaksi dari 109 mahasiswa dengan tiga metode pembayaran: QRIS, Microbitcoin, dan Ravencoin. Metodologi meliputi TAM construct operationalization, feature engineering, dan implementasi empat algoritma machine learning dengan systematic ablation studies. Evaluasi menggunakan 5-fold cross-validation. Hasil menunjukkan Random Forest dan XGBoost mencapai akurasi tertinggi 98.1%, konstruk Perceived Ease of Use dan Social Influence signifikan (r = 0.51, p < 0.001), QRIS superior dengan success rate 76.8%, dan totalCount menjadi predictor paling kritis dengan dampak -10.3%. Integrasi TAM validation dengan machine learning terbukti efektif untuk memodelkan adopsi multi-payment dan berpotensi sebagai alat pengambilan keputusan optimasi platform pendidikan. Kata kunci: technology acceptance model, multi-payment adoption, educational crowdfunding, machine learning, cryptocurrency payments, blockchain
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Sekolah Vokasi > Teknik Informatika D4 |
Depositing User: | PKL TUJUH TUJUH |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 04:25 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 04:25 |
URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3640 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |