PENGARUH KUALITAS LAYANAN PENGGUNAAN APLIKASI POSPAY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT POS KCU KUPANG 85000 (TA.9.25.058)

SAJA, THERESIA AVNESIA (2025) PENGARUH KUALITAS LAYANAN PENGGUNAAN APLIKASI POSPAY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT POS KCU KUPANG 85000 (TA.9.25.058). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1wsUaAjl6l877VGAt...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan jumlah transaksi aplikasi PosPay di PT Pos Indonesia KCU Kupang 85000 pada Januari–Mei 2025, meskipun nilai nominal transaksi meningkat. Kondisi ini mengindikasikan adanya kendala yang dapat memengaruhi kepuasan pelanggan, seperti lambatnya proses login, akun terblokir, dan kegagalan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam penggunaan aplikasi PosPay. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi linear sederhana. Data primer diperoleh melalui kuesioner dengan 100 responden pengguna PosPay, sedangkan data sekunder diperoleh dari laporan transaksi perusahaan. Instrumen diuji melalui uji validitas, reliabilitas, dan asumsi klasik, kemudian dilakukan uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 24,26 > t tabel 1,984, nilai F hitung 588,644 > F tabel 3,94, serta nilai R2 sebesar 0,857 yang berarti 85,7% variasi kepuasan pelanggan dijelaskan oleh kualitas layanan. Dengan demikian, semakin baik kualitas layanan yang diberikan aplikasi PosPay, semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan. Disarankan agar perusahaan meningkatkan kecepatan akses, kestabilan sistem, dan layanan pelanggan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik. Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Pospay, Layanan Digital, Regresi Linear Sederhana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: PKL SATU SATU
Date Deposited: 01 Oct 2025 01:52
Last Modified: 01 Oct 2025 01:52
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3716

Actions (login required)

View Item View Item