PENGARUH OPERATOR TRUK DAN MODERASI STAKEHOLDER TERHADAP KEGAGALAN PROGRAM PENGENDALIAN MUATAN BERLEBIH DI INDONESIA (TA.12.25.003)

FAISAL, DINA TRITAMI (2025) PENGARUH OPERATOR TRUK DAN MODERASI STAKEHOLDER TERHADAP KEGAGALAN PROGRAM PENGENDALIAN MUATAN BERLEBIH DI INDONESIA (TA.12.25.003). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1S1J2CgSmRD1pfQHE...

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi kegagalan Program Zero ODOL di Indonesia dengan menganalisis perilaku operator truk dan moderasi peran pemilik barang serta regulator. Tujuannya adalah mengidentifikasi pengaruh sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku terhadap niat kepatuhan dan perilaku operator truk, serta memahami kontribusi pemilik barang dan regulator dalam mengurangi tingkat kegagalan program menggunakan pendekatan SEM-PLS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan SEM-PLS. Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada operator truk, pemilik barang, dan regulator di Indonesia. Variabel yang dianalisis meliputi sikap, norma subjektif, kontrol perilaku, niat kepatuhan, dan perilaku operator truk, dengan peran pemilik barang dan regulator sebagai moderator untuk mengukur pengaruh terhadap kegagalan Program Zero ODOL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pemilik barang (COI) signifikan dalam mengurangi kegagalan program Zero ODOL (PF) dan memperkuat hubungan Perilaku Operator Truk (FCB) terhadap PF. Sebaliknya, peran regulator (AR) tidak signifikan sebagai moderator. Sikap (ARC), norma subjektif (SN), dan niat kepatuhan (CI) signifikan memengaruhi perilaku operator truk (FCB) secara positif, namun perilaku operator truk (FCB) terhadap kegagalan program Zero ODOL (PF) tidak signifikan. Kegagalan Program Zero ODOL di Indonesia dipengaruhi oleh sikap operator truk dan peran pemilik barang. Niat kepatuhan operator truk tidak cukup untuk menurunkan kegagalan tanpa dukungan pemilik barang. Oleh karena itu, pemilik barang perlu lebih aktif mendukung kepatuhan terhadap Zero ODOL, sementara regulator harus memperkuat kolaborasi dan evaluasi kebijakan untuk meningkatkan efektivitas program. Kata Kunci Program Zero ODOL, Perilaku Operator Truk, Pemilik Barang, Regulator

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis > Manajemen Transportasi S1
Depositing User: PKL SATU SATU
Date Deposited: 06 Oct 2025 03:38
Last Modified: 06 Oct 2025 03:38
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3779

Actions (login required)

View Item View Item