ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ANGKUTAN KOTA (ANGKOT) DI KOTA CILEGON (TA.12.25.005)

ADMAJA S, NATANIEL DANU (2025) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ANGKUTAN KOTA (ANGKOT) DI KOTA CILEGON (TA.12.25.005). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1pNCU3I9j906jcSphk...

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi kualitas pelayanan angkot di Kota Cilegon di tengah penurunan penumpang dan perubahan preferensi masyarakat terhadap moda transportasi lain seperti angkutan online. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menerapkan tiga metode utama, yaitu metode Service Quality (Servqual), Importance Performance Analysis (IPA) dan Analytic Hierarchy Process (AHP). Data dikumpulkan melalui observasi di lima trayek, penyebaran kuesioner, dan wawancara mendalam untuk membandingkan ekspektasi penumpang dengan persepsi yang diterima. Analisis menggunakan Service Quality mengungkapkan ketidakpuasan penumpang karena adanya kesenjangan (gap) yang bernilai negatif pada semua dimensi yang diukur, sementara Importance Performance Analysis menempatkan atribut seperti kebersihan, kenyaman, keamanan, kondisi sarana dan waktu tempuh pada Kuadran I yang menjadi prioritas utama perbaikan. Berdasarkan Analytic Hierarchy Process, didapatkan urutan prioritas perbaikan sebagai berikut : peningkatan kondisi dan kelayakan kendaraan (26%), cara mengemudi dupir (23%), keselamatan penumpang (18%), waktu tempuh perjalanan (17%), dan kebersihan sarana atau kendaraan (15%). Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian, yaitu kualitas pelayanan angkot masih belum dapat memenuhi ekspektasi penumpang dan kinerja (persepsi) yang diberikan masih buruk sehingga perbaikan segera dibutuhkan agar angkot dapat bersaing dengan moda transportasi lain, terutama angkutan online. Kata Kunci : kualitas pelayanan, angkot, Service Quality (Servqual), Importance Performance Analysis (IPA), Analytic Hierarchy Process (AHP), Kota Cilegon

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis > Manajemen Transportasi S1
Depositing User: PKL SATU SATU
Date Deposited: 06 Oct 2025 03:41
Last Modified: 06 Oct 2025 03:41
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3781

Actions (login required)

View Item View Item