ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN JASA PENGIRIMAN BARANG DI J&T CARGO CABANG SARIMANAH KOTA BANDUNG (TA.12.25.034)

SIAHAAN, INDRA BATARA (2025) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN JASA PENGIRIMAN BARANG DI J&T CARGO CABANG SARIMANAH KOTA BANDUNG (TA.12.25.034). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1FSPNev5HkcpBwzPd...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem analisis sentimen otomatis terhadap komentar pengguna Reddit yang membahas topik Artificial Intelligence (AI) dengan memanfaatkan pendekatan machine learning dan Deep learning. Data diperoleh melalui proses scraping komentar dari Reddit, kemudian dilakukan preprocessing teks, pelatihan model, evaluasi performa, hingga implementasi sistem dalam bentuk dashboard. Lima algoritma machine learning yang digunakan meliputi Logistic Regression, Naive Bayes, Random Forest, Support Vector Machine (SVM), dan Decision Tree. Pada pendekatan Deep learning, digunakan model Long Short-Term Memory (LSTM) dan Gated Recurrent Unit (GRU). Hasil eksperimen menunjukkan bahwa model SVM menghasilkan akurasi terbaik untuk pendekatan machine learning, sementara GRU unggul dalam pendekatan deep learning. Evaluasi model dilakukan menggunakan classification report dan confusion matrix. Sistem yang dikembangkan juga telah berhasil diimplementasikan dalam bentuk dashboard klasifikasi komentar secara real-time. Kata Kunci: Analisis Sentimen, Reddit, Artificial Intelligence, Machine learning, Deep learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis > Manajemen Transportasi S1
Depositing User: PKL SATU SATU
Date Deposited: 07 Oct 2025 03:05
Last Modified: 07 Oct 2025 03:05
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3812

Actions (login required)

View Item View Item