ARIVIANKA, REZKA (2025) SISTEM INFORMASI PENILAIAN SISWA PRAKTEK KERJA LAPANGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERACHY PROCESS (STUDI KASUS: APTIKA DISKOMINFO KABUPATEN BANDUNG (TA.3.25.022). Diploma thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.
Full text not available from this repository.Abstract
Bidang APTIKA (Aplikasi Informatika) pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bandung memiliki tanggung jawab dalam pengembangan dan pengelolaan sistem informasi yang mendukung pelayanan publik serta administrasi pemerintahan. Di era digital, kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang cepat, tepat, dan transparan mendorong APTIKA untuk terus melakukan inovasi teknologi. Namun, Dalam rangka menyusun solusi terhadap permasalahan tersebut, penulis yang merupakan mahasiswa Program Studi D3 Manajemen Informatika Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI), melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di bidang APTIKA. Selama pelaksanaan PKL, penulis menggunakan dua metode utama, yaitu PIECES dan Kano. Metode PIECES digunakan untuk menganalisis aspek kinerja sistem seperti performa, informasi, ekonomi, pengendalian, efisiensi, dan pelayanan. Sementara itu, metode Kano digunakan untuk mengidentifikasi jenis kebutuhan pengguna berdasarkan tingkat kepuasan, seperti kebutuhan dasar (must-be), kebutuhan yang diinginkan (one-dimensional), dan kebutuhan menarik (attractive). Kombinasi kedua metode ini memberikan gambaran yang jelas mengenai kebutuhan pengguna dan prioritas pengembangan fitur sistem. Kata Kunci: APTIKA, Sistem Informasi, PIECES, Kano, Pelayanan Publik, Praktek Kerja Lapangan, Diskominfo.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) | 
| Divisions: | Sekolah Vokasi > Manajemen Informatika D3 | 
| Depositing User: | PKL LIMA LIMA | 
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 02:43 | 
| Last Modified: | 30 Oct 2025 02:43 | 
| URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3899 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
        