ZEFANYA, ANGELICA PUTRI (2024) PENGARUH E-VOMMERCE LIVE STREAMING TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA (STUDI KASUS GEN-Z DI KOTA BANDUNG) (TA.7.24.013). Diploma thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zefanya, Angelica Putri. 2024. Pengaruh E-Commerce Live Streaming Terhadap Perilaku Impulsive Buying Marketplace Tokopedia Pada Generasi-Z di Kota Bandung. Tugas Akhir, S1 Terapan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing : Dr. Prety Diawati,S.Sos., MM Tokopedia adalah salah satu platform e-commerce terbesar dan populer di Indonesia. Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital Livestreaming adalah salah satu fitur yang membantu interaksi antara penonton dan penyiar, menjadikannya metode yang efektif untuk mempromosikan produk. Variabel eksogen yang diteliti adalah Livestreaming (X), sedangkan variabel endogen adalah Pembelian Impulsif (Y). Indikator yang digunakan penulis untuk variabel Livestreaming (X) yaitu interaksi langsung,waktu nyata, alat promosi, daya tarik streamer, keahlian streamer, kepercayaan streamer, ketersediaan komunikasi langsung, fitur live streaming yang membuat pemirsa fokus, komunikasi streamer , ketepatan waktu live streaming, sosial lingkungan live streaming. Selain itu, Indikator Pembelian Impulsif (Y) mengacu pada Safira & Novie (2024) spontanitas, kekuatan, kompulsi, intensitas, ketidakpedulian terhadap akibat. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei, dan rancangan penelitian yang bersifat deskriptif asosiatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Jumlah sampel yan digunakan pada penelitian ini dihitung menggunakan rumus Hair. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan menyebarkan melalui google form. Alat bantu yang digunakan oleh penulis yaitu SPSS versi 23. Hasil Penelitian analisis deskriptif variabel live streaming mendapatkan total rata- rata sebesar 4,28 yang termasuk kategori sangat baik, sementara variabel impulsive buying mendapatkan skor rata-rata 4,25 dan termasuk dalam kategori sangat baik juga. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan yang menunjukkan bahwa live streaming berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, diartikan bahwa ada pengaruh signifikan antara variabel X (Live Streaming) dengan variabel Y (Impulsive Buying).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4 |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 07:07 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 07:07 |
URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/2836 |
Actions (login required)
View Item |