PENGARUH DIGITAL BANGKING TERHADAP CUSTOMER RETENTION PADA BANK NEGARA INDONESIA (BNI) CABANG ASIA AFRIKA BANDUNG (TA.7.24.020)

MUKZAR, CHUKRIYA (2024) PENGARUH DIGITAL BANGKING TERHADAP CUSTOMER RETENTION PADA BANK NEGARA INDONESIA (BNI) CABANG ASIA AFRIKA BANDUNG (TA.7.24.020). Diploma thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mukzar, Chukriya. 2024. Pengaruh Digital Banking Terhadap Customer Retention Pada Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Asia Afrika Bandung. Tugas Akhir, S1 Terapan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik Dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing : Dr. Prety Diawati, S.Sos., MM Kemajuan teknologi informasi, khususnya dalam hal digital banking, telah mengubah industri perbankan secara signifikan. Digital banking adalah layanan perbankan yang diberikan secara elektronik melalui berbagai platform digital seperti aplikasi mobile banking, internet banking, dan ATM. Adapun yang melatar belakangi penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini didasarkan pada hasil pengamatan yang penulis lakukan di Bank Negara Indonesia KC Bandung Asia Afrika. Terdapat keluhan digital banking yang belum optimal dalam memberikan pelayan kepada nasabah selain itu juga terdapat keluhan dari nasabah. Variabel dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu Digital Banking dan Variabel Customer Retention. Indikator yang digunakan oleh penulis dari variabel Digital Bangking yaitu peningkatan penggunaan aplikasi mobile, transaksi non-tunai, keamanan dan perlindungan data, inovasi produk dan layanan, pengalaman pengguna yang memuaskan, tingkat penetrasi digital di berbagai sekmen produk, integrasi dengan ekosistem digital lainnya. Indikator yang digunakan pada variabel Customer Retention yaitu Kepercayaan, kepuasan dan komitmen. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode Kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability incidental sampling dengan 390 responden. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil Digital Banking dan Customer retention memiliki pengaruh positif dan signifikan, selain itu penelitian ini dapat memberikan kontribusi untuk penelitian selanjutnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital banking berpengaruh signifikan terhadap customer retention pada Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Asia Afrika Bandung. Kata Kunci : Digital Banking, Customer Retention.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 26 Nov 2024 08:15
Last Modified: 26 Nov 2024 08:15
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/2845

Actions (login required)

View Item View Item