FARID, MUHAMMAD IKHSAN (2024) PENGARUH KUALITAS DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PENGGUNA JASA EKSPEDISI JNE CABANG SETRASARI BANDUNG (TA.7.24.032). Diploma thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fariid, Muhammad Ikhsan. 2024. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Jasa Ekspedisi JNE Cabang Setrasari Bandung”. Laporan Tugas Akhir, S1 Terapan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing : Asaretkha Adjane Annisawati, SE., MBA Dr. Senny Handayani Suarsa, SE., MM Adanya persaingan dari perusahaan penyedia jasa pengiriman barang menyebabkan tingginya permintaan pengiriman paket di Indonesia. Perusahaan penyedia layanan pengiriman dituntut untuk memiliki strategi khusus untuk bersaing. JNE salah satu perusahaan jasa ekspedisi yang banyak dipakai oleh sebagian pelaku e-commerce di Indonesia. Di sisi lain JNE mengalami masalah serius pada pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dimana bisa berdampak buruk bagi perusahaan JNE. Kondisi seperti ini, kualitas pelayanan dan harga mempunyai peranan yang cukup penting bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang terjadi secara signifikan antara kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa ekspedisi JNE Setrasari Kota Bandung. Variable independent kualitas pelayanan (X1), Harga (X2) dan variable dependent Loyalitas Pelanggan (Y). jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan software SmartPLS sebagai pengolah datanya dengan menggunakan uji outer model dan inner model. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian berjumlah 4.277 Orang, dengan jumlah sampel 400. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan (Pada PT. JNE cabang Setrasari Bandung). Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan PT. JNE cabang Setrasari Bandung. Saran yang diberikan oleh penulis pada penelitian ini adalah perusahaan diharapkan harus mempertahankan dan lebih meningkatkan dalam memberikan harga yang sesuai dengan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Langkah ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga menjaga loyalitas pelanggan sendiri di masa yang akan datang. Kata kunci : Jasa Ekspedisi, Pelayanan, Harga, Loyalitas Pelanggan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4 |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 02:39 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 02:39 |
URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/2867 |
Actions (login required)
View Item |