PENGARUH ELECTRONIK WORD OF MOUTH(E-WOM) PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LIPSTIK WARDAH DI KOTA BANDUNG (TA.7.24.038)

HIDAYAT, DEVANA AMELIA (2024) PENGARUH ELECTRONIK WORD OF MOUTH(E-WOM) PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LIPSTIK WARDAH DI KOTA BANDUNG (TA.7.24.038). Diploma thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat, Devana Amelia, 2024. Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom) Pada Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Wardah. Tugas Akhir, S1 Terapan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing: Farid Madani, SH.,MH Dr. Kiagus Muhammad Amran, SE., MM Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara konsumen mencari informasi dan membuat keputusan pembelian, terutama dalam industri kecantikan. Wardah, sebagai salah satu merek kosmetik terkemuka di Indonesia, menghadapi tantangan dalam mempertahankan posisinya di pasar yang semakin kompetitif, dengan penurunan indeks Top Brand dari 38% di 2020 menjadi 26% di 2023. Fenomena ini terjadi di tengah tingginya penetrasi internet dan penggunaan media sosial di Indonesia, yang memunculkan peran penting Electronic Word of Mouth (e-WOM) dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-WOM terhadap keputusan pembelian produk lipstik Wardah di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 384 responden, menggunakan skala semantic differential. Analisis data dilakukan menggunakan software pengolah data statistik , meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan regresi linear sederhana. Pengujian hipotesis dilakukan untuk mengetahui pengaruh e-WOM terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Electronic Word of Mouth (X) pada media sosial terhadap keputusan pembelian (Y) produk lipstik Wardah. Analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa e-WOM mempengaruhi 43,8% keputusan pembelian, sedangkan 56,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Electronic Word of Mouth, e-WOM, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 29 Nov 2024 03:01
Last Modified: 29 Nov 2024 03:01
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/2873

Actions (login required)

View Item View Item