PENGARUH VARIASI PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PLATFORM SHOP TOKOPEDIA (TA.10.24.013)

FADILLAH, FAJAR NUR (2024) PENGARUH VARIASI PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PLATFORM SHOP TOKOPEDIA (TA.10.24.013). Diploma thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh produk, promosi, harga, dan loyalitas pelanggan terhadap keputusan pembelian pada TikTok Shop yang terintegrasi dengan Tokopedia menjadi Shop Tokopedia. Penelitian ini berfokus pada TikTok Shop, sebuah platform e-commerce yang mengintegrasikan fitur belanja langsung dalam aplikasi berbagi video pendek, dan bagaimana integrasi ini dengan Tokopedia mempengaruhi perilaku konsumen. Dengan semakin populernya platform media sosial sebagai saluran pemasaran, pemahaman terhadap faktor- faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian di platform seperti TikTok Shop menjadi semakin krusial. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda terhadap data 99 responden yang diperoleh melalui kuesioner online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Produk (X1), Promosi (X2), Harga (X3) dan Loyalitas Pelanggan (X4) secara signifikan positif mempengaruhi variabel Keputusan Pembelian (Y1). Temuan ini mengindikasikan bahwa konsumen TikTok Shop lebih cenderung melakukan pembelian jika kualitas produk tinggi dan terdapat penawaran promosi yang menarik. Hasil penelitian ini menyoroti pentingnya diferensiasi produk dan komunikasi pemasaran yang efektif bagi pelaku bisnis dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif di platform ini. Temuan ini sejalan dengan teori perilaku konsumen yang menyatakan bahwa persepsi konsumen terhadap kualitas produk dan promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata kunci: TikTok Shop, Tokopedia, e-commerce, keputusan pembelian, kualitas produk, promosi, harga, loyalitas pelanggan, pemasaran media sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Sekolah Vokasi > Logistik Niaga-EI D4
Depositing User: Alia Nurul Faadiyah
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:35
Last Modified: 25 Sep 2025 04:43
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3371

Actions (login required)

View Item View Item