Rizullah, Ghufran Muhammad (2024) Pengaruh Customer Relationship Management terhadap loyalitas nasabah (Survei pada Bank BSI) (TA.6.24.014). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI). CRM merupakan pendekatan strategis yang digunakan oleh bank untuk mengelola hubungan dengan nasabah melalui pengumpulan dan analisis data nasabah, personalisasi layanan, dan peningkatan kualitas pelayanan. Dalam era persaingan bisnis yang ketat, implementasi CRM yang efektif dapat menjadi kunci dalam mempertahankan dan meningkatkan loyalitas nasabah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang bersifat asosiatif dengan menyebarkan kuesioner kepada nasabah BSI di Kota Bandung. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi untuk mengidentifikasi hubungan antara CRM dan loyalitas nasabah. Teknik ini menggunakan regresi linear sederhana serta teknik sampel Accidental Sampling dengan jumlah populasi yang tidak diketahui yang berasal dari nasabah bank BSI dan jumlah sampel renponden sebanyak 96 orang. Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan bahwa loyalitas dipengaruhi oleh Customer Relationship Management sebesar 65% dan sisanya 35% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dari hasil uji hipotesis yang menyatakan bahwa Customer Relationship Management berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Kata Kunci : Customer Relationship Management, loyalitas nasabah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Sekolah Vokasi > Manajemen Pemasaran D3 |
Depositing User: | PKL DUA DUA |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 03:31 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 03:31 |
URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3598 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |