ABDULGHOFAR, OBAY (2025) PENGARUH OPTIMALISASI PROMOSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM GALLERY RAJUT TERHADAP VOLUME PENJUALAN (TA.7.25.003). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sonjaya, Obay Abdulghofar, 2025, Pengaruh Optimalisasi Promosi Media Sosial Instagram Gallery Rajut Terhadap Volume Penjualan. Tugas Akhir; S1 Terapan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing: Dr. Prety Diawati, S.Sos., MM. NIK : 114.75.108 Dr. Senny Handayani Suarsa, SE., M.M. NIK : 101.80.038 OBAY ABDULGHOFAR SHOUMA SONJAYA NPM: 4.21.4.041 Pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi semakin meningkat, termasuk pada UMKM. Gallery Rajut Bandung menggunakan Instagram @galleraj.id untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan. Penelitian ini meneliti pengaruh promosi media sosial (X) dengan indikator content creation, content sharing, connection, dan community building, terhadap volume penjualan (Y) yang diukur melalui pencapaian volume penjualan tertentu, perolehan laba tertentu, serta pertumbuhan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif asosiatif dengan teknik purposive sampling pada 75 responden. Data diperoleh melalui kuesioner skala Likert lima poin dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan promosi media sosial Instagram berada pada kategori baik, dengan content creation sebagai indikator tertinggi dan connection sebagai indikator terendah. Variabel volume penjualan juga baik, dengan indikator laba tertentu menempati nilai tertinggi, sedangkan indikator pencapaian volume penjualan tertentu dan pertumbuhan perusahaan berada pada nilai terendah. Analisis regresi membuktikan bahwa promosi media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Saran penelitian ini, Gallery Rajut Bandung perlu memperkuat interaksi (connection) dengan konsumen dan meningkatkan strategi untuk mencapai target penjualan serta pertumbuhan usaha agar keberlanjutan bisnis lebih optimal. Kata kunci: promosi media sosial, Instagram, volume penjualan, UMKM, Gallery Rajut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4 |
Depositing User: | PKL EMPAT EMPAT |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 02:23 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 02:23 |
URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3667 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |