MAHARINI, WINDI HELSA (2025) ANALISIS SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM CHEESECUIT BANDUNG (TA.7.25.015). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maharani, Helsa Windi,20225. Analisis Social Media Marketing Instagram dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Cheesecuit Bandung. Seminar Proposal, S1 Terapan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing: Dr. Senny Handayani Suarsa, SE.,MM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing Instagram dan harga terhadap keputusan pembelian pada UMKM Cheesecuit Bandung. Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini adalah fluktuasi penjualan Cheesecuit Bandung yang dipengaruhi oleh persaingan produk sejenis dan rendahnya minat beli konsumen, sehingga media sosial dan strategi harga menjadi fokus utama untuk meningkatkan keputusan pembelian. Social media marketing diukur melalui indikator entertainment, customization, interaction, electronic word of mouth, dan trendiness. Variabel harga diukur melalui keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk, daya saing harga, dan kesesuaian harga dengan manfaat. Keputusan pembelian diukur melalui indikator pemilihan produk, pemilihan merek, pemilihan saluran distribusi, waktu pembelian, dan jumlah pembelian. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode verifikatif PLS-SEM. Sampel penelitian berjumlah 385 responden yang dipilih dengan teknik accidental sampling. Data dianalisis menggunakan software SmartPLS melalui uji outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing Instagram dan harga secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini mengindikasikan bahwa optimalisasi strategi pemasaran melalui Instagram dan penerapan harga yang kompetitif dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen pada UMKM Cheesecuit Bandung. Kata Kunci: Social Media Marketing,Harga,Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4 |
Depositing User: | PKL EMPAT EMPAT |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 01:54 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 01:54 |
URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3711 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |