DAMPAK KEPERCAYAAN KONSUMEN DALAM MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN BRAND MAYOUTFIT [ STUDI KASUS PADA E-COMMERCE SHOPPE](TA.7.25.025)

TUFFAHATY, NADILLA AQVI (2025) DAMPAK KEPERCAYAAN KONSUMEN DALAM MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN BRAND MAYOUTFIT [ STUDI KASUS PADA E-COMMERCE SHOPPE](TA.7.25.025). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1kP7yGVd5e0xY7lor...

Abstract

ABSTRAK Tuffahaty, Nadilla Aqvi, 2025, Dampak Kepercayaan Konsumen Membangun Loyalitas Pelanggan Brand Mayoutfit (Studi Kasus: pada e-Commerce Shopee). Tugas Akhir, S1 Terapan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing: Dr. Nur Aziz Sugiharto, SE., MM NIK : 111.68.151 Dr. Prety Diawati, S.Sos., MM NIK : 114.75.108 NADILLA AQVI TUFFAHATY NPM : 4.21.4.047 Dalam membangun loyalitas pelanggan, perusahaan perlu menerapkan kepercayaan konsumen yang bertanggung jawab, terutama dalam konteks pemasaran melalui platform e-commerce yang menghadapi tantangan persaingan ketat, ulasan negatif, dan isu kepercayaan konsumen. Penelitian ini terletak pada fokus kajian terhadap brand lokal di platform e-commerce serta pengukuran variabel kepercayaan konsumen secara khusus tanpa digabungkan dengan variabel lain. Kepercayaan konsumen diukur melalui indikator integritas, kemampuan, niat baik, dan perlindungan data, sedangkan loyalitas pelanggan dilihat dari repeat purchase, retensi merek, dan referral behavior. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna Shopee yang pernah melakukan pembelian produk Mayoutfit. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan pelanggan. Dimensi integritas, perlindungan data, kemampuan, dan niat baik terbukti meningkatkan kepercayaan, kepuasan, serta kecenderungan pembelian ulang, retensi merek, dan perilaku rekomendasi. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan kepercayaan konsumen yang konsisten menjadi strategi penting untuk mempertahankan dan memperkuat loyalitas pelanggan Mayoutfit di tengah persaingan e- commerce yang ketat. Saran yang diajukan mencakup peningkatan kualitas komunikasi pemasaran, penguatan sistem perlindungan data konsumen, serta optimalisasi kampanye sosial yang relevan dengan nilai merek untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Kata Kunci: Kepercayaan Konsumen, Loyalitas Pelanggan, E-Commerce, Shopee

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4
Depositing User: PKL EMPAT EMPAT
Date Deposited: 01 Oct 2025 04:23
Last Modified: 01 Oct 2025 04:23
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3733

Actions (login required)

View Item View Item