PENGARUH INFLUENCER ENDORSER TASYA FARASYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE LOKAL DI KALANGAN GEN Z [STUDI KASUS PADA MAHASISWA ULBI TERHADAP PRODUK SOMETHINC] (TA.7.25.027)

RAHMADINI, MAYA (2025) PENGARUH INFLUENCER ENDORSER TASYA FARASYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE LOKAL DI KALANGAN GEN Z [STUDI KASUS PADA MAHASISWA ULBI TERHADAP PRODUK SOMETHINC] (TA.7.25.027). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1dmd_9w4DEBtMvfqI...

Abstract

ABSTRAK Rahmadini, Maya. 2025. Pengaruh Influencer Endorser Tasya Farasya terhadap Keputusan Pembelian Skincare Lokal di Kalangan Gen Z (Studi pada Mahasiswa ULBI terhadap Produk Somethinc). Tugas Akhir, DIV Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Pembimbing: Hesti Sugesti, S.Pd., MM. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya penggunaan influencer endorser dalam memasarkan produk skincare lokal, salah satunya Somethinc yang bekerja sama dengan Tasya Farasya. Generasi Z sebagai target utama dikenal kritis dan selektif, sehingga endorsement influencer dipandang mampu menjadi solusi atas masalah keraguan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Novelty penelitian ini terletak pada fokus terhadap brand lokal Somethinc, influencer individu, serta responden mahasiswa ULBI sebagai representasi Generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran deskriptif mengenai influencer endorser Tasya Farasya dan keputusan pembelian skincare Somethinc, serta menganalisis pengaruh keduanya di kalangan mahasiswa Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI). Variabel influencer endorser (X) diukur menggunakan indikator TEARS Model (trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, similarity), sedangkan variabel keputusan pembelian (Y) diukur dengan indikator Kotler dan Keller (pemilihan produk, merek, penyalur, waktu, jumlah, metode pembayaran). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis deskriptif dan verifikatif melalui kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer endorser Tasya Farasya berada pada kategori tinggi, khususnya indikator trustworthiness dan expertise, yang memengaruhi keyakinan konsumen. Keputusan pembelian juga tinggi pada indikator pemilihan produk dan merek. Secara verifikatif, Tasya Farasya terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Influencer Endorser, Keputusan Pembelian, Somethinc, Gen Z.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4
Depositing User: PKL EMPAT EMPAT
Date Deposited: 01 Oct 2025 04:21
Last Modified: 01 Oct 2025 04:21
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3735

Actions (login required)

View Item View Item