DERMAWAN, FAUZIAN ALIEF (2025) PENGARUH IKLAN MEDIA SOSIAL INSTRAGRAM TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA PERUSAHAAN JASA TRAVEL ZTRANS SHUTTLE (TA.7.25.034). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dermawan, Fauzian Alief. 2025. Pengaruh Iklan Media Sosial Instagram Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Perusahaan Jasa Travel Ztrans Shuttle Kota Bandung. Skripsi, Jurusan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. DOSEN PEMBIMBING: Dr. Angga Dewi Anggraeni, SE., MM., CRP Dr. Kiagus Muhammad Amran .SE.,MM FAUZIAN ALIEF DERMAWAN 4214029 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi digital yang mengubah lanskap pemasaran, khususnya melalui media sosial. Iklan media sosial diharapkan dapat meningkatkan niat beli konsumen, terutama bagi perusahaan jasa travel ZTRANS Shuttle yang sedang dalam tahap pengenalan produk pasca-rebranding. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan media sosial Instagram terhadap niat beli konsumen serta menggambarkan penggunaan iklan media sosial dan niat beli di perusahaan tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan calon konsumen ZTRANS Shuttle. Langkah-langkah pemecahan masalah meliputi analisis deskriptif untuk menggambarkan variabel, serta analisis regresi linear sederhana dan pengujian hipotesis untuk mengukur pengaruh iklan media sosial terhadap niat beli konsumen secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan media sosial ZTRANS Shuttle dinilai efektif, terutama dalam memberikan informasi dan mengingatkan konsumen. Niat beli konsumen berada pada kategori tinggi, dengan kecenderungan kuat untuk mencari informasi dan merekomendasikan layanan. Iklan media sosial terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, menjelaskan 61,7% variasi niat beli. Disarankan agar ZTRANS Shuttle mengoptimalkan konten iklan, memanfaatkan niat eksploratif konsumen, dan memperkuat program referensi untuk meningkatkan daya tarik konsumen. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas variabel dan membandingkan efektivitas iklan di berbagai platform media sosial. Kata kunci: Iklan Media Sosial , Instagram , Niat Beli Konsumen
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4 |
Depositing User: | PKL EMPAT EMPAT |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 08:22 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 08:22 |
URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |