PENGARUH OPTIMALISASI SALURAN DISTRIBUSI DIGITAL MARKETPLACE SJOPEE DAN PERSEDIAAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH [UMKM] GALLERY RAJUT BANDUNG (TA.7.25.042)

PURBA, JOSI HOTMANUEL (2025) PENGARUH OPTIMALISASI SALURAN DISTRIBUSI DIGITAL MARKETPLACE SJOPEE DAN PERSEDIAAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH [UMKM] GALLERY RAJUT BANDUNG (TA.7.25.042). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1KyOCN0OzLtRQzPPs...

Abstract

ABSTRAK Purba, Josi Hotmanuel. 2025. Pengaruh Optimalisasi Saluran Distribusi Digital Marketplace Shopee dan Persediaan Terhadap Volume Penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Gallery Rajut Bandung. Tugas Akhir, S1 Terapan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing: Bambang Tripotranto, SE., MM NIK. 115.87.197 Asaretkha Adjane Annisawati, SE., MBA. NIK: 116.90.208 JOSI HOTMANUEL PURBA NPM : 4214038 Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan melihat pengaruh dari Saluran Distribusi Digital Marketplace dan Persediaan terhadap Volume penjualan. Fenomena penelitian ini adalah turunnya volume penjualan Gallery Rajut Bandung pada tahun 2023. Penurunan ini dipengaruhi oleh keterbatasan saluran distribusi Digital Marketplace, Selain itu, masalah dalam pengelolaan persediaan yang ditandai dengan kehabisan stok. Penelitian ini menggunakan dua variabel independen, yaitu Saluran Distribusi Digital Marketplace (X1) dengan indikator Kemudahan Navigasi, Layanan Pelanggan Online, Fasilitas Transaksi, dan Ketersediaan Metode Pengiriman, serta Persediaan (X2) dengan indikator Jumlah Barang Masuk, Stok Barang, dan Jumlah Barang Keluar. Variabel dependen adalah Volume Penjualan (Y) dengan indikator Mencapai Volume Penjualan, Mendapat Keuntungan, dan Mendukung Pertumbuhan Perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan pendekatan kuesioner. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif, regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi menggunakan SPSS versi 16. Subjek penelitian adalah karyawan Gallery Rajut Bandung di divisi Penjualan, Pergudangan, Produksi, dan pengrajin. Sampel ditentukan dengan purposive sampling sebanyak 75 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran distribusi Digital Marketplace berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, persediaan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, serta keduanya secara simultan berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, Analisis deskriptif juga menunjukkan bahwa saluran distribusi Digital Marketplace, persediaan, dan volume penjualan berada pada kategori baik. Dengan demikian, semakin optimal saluran distribusi Digital Marketplace dan semakin baik pengelolaan persediaan, maka volume penjualan Gallery Rajut Bandung akan semakin meningkat. Kata kunci: Saluran distribusi Digital Marketplace, Persediaan, volume penjualan, UMKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4
Depositing User: PKL EMPAT EMPAT
Date Deposited: 01 Oct 2025 08:21
Last Modified: 01 Oct 2025 08:21
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3764

Actions (login required)

View Item View Item