LAILA, DEWI (2025) ANALISA PENGARUH KETERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN OUTPUT PRODUKSI TERHADAP EKSPANSI PASAR PADA SNACK KERIPIK PISANG MEREK X (TA.7.25.050). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Laila, Dewi, 2025. Analisa Pengaruh Ketersediaan Bahan Baku dan Output Produksi Terhadap Ekspansi Pasar Pada Snack Keripik Pisang Merek X. Tugas Akhir, S1 Sarjana Terapan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing Bambang Triputranto, S.E., MM Kata Kunci : Ketersediaan Bahan Baku, Output Produksi, Ekspansi Pasar, Snack Keripik Pisang merek X Sektor industri makanan ringan di Indonesia yang berkembang dengan pesat dipengaruhi dengan adanya perubahan gaya hidup serta meningkatnya permintaan akan produk makanan yang praktis namun tetap bergizi. Data statistik menunjukkan bahwa rata-rata pengeluaran mingguan per kapita untuk industri makanan dan minuman mencapai Rp55.744, melampaui kategori lainnya. Hal ini membuat snack keripik pisang merek X terus berusaha untuk berpindah industri dari UMKM menuju FMCG agar ekspansi pasar terus berjalan. Penelitian ini memiliki tujuan salah satunya adalah untuk mengetahui besar pengaruh dari ketersediaan bahan baku dan output produksi terhadap ekspansi pasar perusahaan Snack Keripik Pisang merek X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan variabel yang diteliti yakni ketersediaan bahan baku (X1), output produksi (X2), dan ekspansi pasar (Y) dengan metode analisis deskriptif serta verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah primer dan sekunder serta populasi dan sampel dari penelitian ini adalah 58 responden. Teknik analisis data menggunakan software smartPLS dengan menggunakan uji outer model dan inner model. Hasil analisis deskriptif pada variabel ketersediaan bahan baku dengan indikator fill rate memiliki capaian tertinggi, variabel output produksi dengan indikator durasi siklus produksi memiliki capaian tertinggi, serta variabel ekspansi pasar dengan indikator penetrasi pasar memiliki capaian tertinggi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ketersediaan bahan baku tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ekspansi pasar serta output produksi berpengaruh secara signifikan terhadap ekspansi pasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4 |
Depositing User: | PKL EMPAT EMPAT |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 08:13 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 08:13 |
URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3772 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |