PENGARUH ETIKA BISNIS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK KOSMETIK MAKE OVER [ STUDI KASUS PELANGGAN KOSMETIK MAKE OVER DI KOTA BANDUNG] (TA.7.25.051)

FADILAH, JIHAN (2025) PENGARUH ETIKA BISNIS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK KOSMETIK MAKE OVER [ STUDI KASUS PELANGGAN KOSMETIK MAKE OVER DI KOTA BANDUNG] (TA.7.25.051). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1tMjxLAal9kT4tQ6g...

Abstract

ABSTRAK Fadilah, Jihan. 2025. Pengaruh Etika Bisnis Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk kosmetik Make Over (Studi Kasus: Pelanggan Kosmetik Make Over Di Kota Bandung). Tugas Akhir, S1 Terapan Manajemen Peusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing: Dr. Kiagus Muhammad Amran, SE.,MM NIK. 123.72.298 Hesti Sugesti, S.Pd., MM NIK. 115.87.185 JIHAN FADILAH NPM : 4.21.4.067 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Etika Bisnis terhadap Loyalitas Pelanggan pada produk kosmetik Make Over di Kota Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tren penurunan penjualan Make Over dalam empat tahun terakhir dan meningkatnya persaingan di industri kosmetik lokal. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Etika Bisnis dengan indikator kejujuran dan transparansi, keadilan dan kesetaraan, tanggung jawab sosial, menghormati hak dan privasi, dan integritas dalam promosi dan iklan. Variabel dependen nya adalah Loyalitas Pelanggan dengan indikator niat pembelian ulang, membeli di luar lini produk/jasa, kesediaan merekomendasikan, dan ketahanan terhadap pesaing. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 305 responden pengguna produk Make Over di Kota Bandung dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana, uji T, dan koefisien determinasi (R2). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa Etika Bisnis pada produk Make Over berada pada kategori baik, pada Loyalitas Pelanggan berada pada kategori baik juga. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Etika Bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Make Over. Artinya, semakin baik penerapan etika bisnis, semakin tinggi tingkat loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan disarankan untuk memperkuat penerapan etika bisnis, khususnya pada indikator kejujuran dan transparansi dalam promosi, meningkatkan tanggung jawab sosial perusahaan, serta menjaga privasi konsumen. Kata kunci: Etika Bisnis, Loyalitas Pelanggan, Kosmetik, Make Over

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4
Depositing User: PKL EMPAT EMPAT
Date Deposited: 01 Oct 2025 08:14
Last Modified: 01 Oct 2025 08:14
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3773

Actions (login required)

View Item View Item