TA.4.25.024 PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (TA.4.25.024)

MARBUN, TRIWANI SABRINA (2025) TA.4.25.024 PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (TA.4.25.024). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1orFgkuk0NwKt12fE...

Abstract

Triwani, Sabrina Marbun, 2025. Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Promosi Terhadap Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tugas Akhir, Program Studi D3 Akuntansi Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Pembimbing I: Surya Ramadhan Noor, SE.,MM. Pembimbing II: Diana Maryana,SE,M.Si Kata Kunci: Biaya Produksi, Biaya Promosi, Laba, Akuntansi Biaya Biaya produksi adalah total pengeluaran yang dilakukan perusahaan dalam proses menghasilkan barang atau jasa untuk dijual demi memperoleh keuntungan. Biaya promosi adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen dengan tujuan meningkatkan volume penjualan dan laba perusahaan. Laba merupakan selisih positif antara pendapatan yang diperoleh dengan biaya atau beban yang dikeluarkan dalam menjalankan operasional perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2022–2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, uji t, dan uji F dengan menggunakan SPSS software statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap laba dengan nilai signifikan 0,000, sedangkan biaya promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap laba dengan nilai signifikan 0,473. Secara simultan, biaya produksi dan biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap laba perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Sekolah Vokasi > Akuntansi D3
Depositing User: PKL DUA DUA
Date Deposited: 23 Oct 2025 08:02
Last Modified: 23 Oct 2025 08:02
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3845

Actions (login required)

View Item View Item